Sejarah Panjang Persepakbolaan Indonesia

Olahraga merupakan kegiatan yang mengeluarkan keringat untuk menyehatkan badan. Olahraga menjadi kebutuhan tubuh agar sirkulasi darah dalam tubuh lancar sehingga tubuh menjadi sehat. Menurut anjuran ilmu kesehatan, olahraga harus dilakukan teratur agar kesehatan dan kebugaran tubuh terjaga. Olahraga sebenarnya adalah kegiatan yang menyenangkan, akan tetapi masih sedikit orang yang mau melakukan kegiatan dengan teratur. Padahal, olahraga bisa juga dilakukan bersama-sama dengan teman atau kerabat dekat karena beberapa jenis cabang olahraga ada yang bisa dilakukan dengan orang banyak. Seperti contohnya adalah sepak bola. Permainan sepak bola bisa melibatkan 22 orang dalam sekali permainan. Saking asiknya permainan satu ini, bahkan hanya dengan melihat permainan bola kita serasa ingin bermain dan berlari. Itulah mengapa, pertandingan bola yang diselenggarakan nasional dan internasional mampu menyedot perhatian khalayak secara serentak. Pertandingan yang akan menyita perhatian masyarakat Indonesia selanjutnya adalah laga persahabatan Indonesia melawan Islandia. Laga persahabatan ini diprediksi akan sangat meriah karena dilaksanakan 2 kali dengan jangka waktu yang singkat yaitu hanya 3 hari. Pertandingan yang akan dilaksanakan pada 11 Januari 2018 dan 14 Januari 2018 ini akan dibuka untuk khalayak umum, dan pemesanan tiketnya bisa dilakukan secara online di website Bukalapak sebagai agen jual tiket pertandingan timnas Indonesia vs Iceland resmi.

Olahraga sepak bola masih menjadi olahraga populer di Indonesia. Tidak hanya populer di Indonesia, olahraga sepak bola juga menjadi olahraga favorit di seluruh penjuru dunia. Alasan mengapa olahraga ini menjadi salah satu olahraga terkenal di dunia adalah karena sepak bola adalah permainan ini sejak dahulu sudah menyebar di seluruh negara walaupun dengan peraturan yang berbeda. Permainan yang terdiri dari 11 orang pemain untuk setiap tim ini, memiliki misi untuk mencetak gol ke gawang lawan sebanyak mungkin. Maka tak heran bila permainan ini menjadi permainan yang mendunia .

Sejarah singkat olahraga sepak bola bermula dari Negara Tiongkok di abad ke-2 sebelum masehi. Di masa itu, pemain akan menggiring bola kulit ke jaring dengan cara ditendang. Kemudian permainan serupa juga berkembang di Negara Jepang, permainan ini kemudian dinamai Kemari. Permainan serupa juga mulai berkembang di Italia sekitar abad ke-16, setelah di Inggris juga berkembang permainan sepak bola. Kemudian muncul beberapa pertikaian di dalam permainan sepak bola. Pertikaian ini disebabkan karena rentannya konflik dalam permainan sepak bola. Sehingga, pada tahun 1365 Raja Edward III sempat melarang rakyatnya untuk bermain bola. Namun, di sinilah kemudian lahir sepak bola modern yang lebih menerapkan peraturan secara baik dan benar. Selama abad ke-18, permainan ini kemudian disebarkan oleh para pelaut, pedagang, dan tentara Inggris ke seluruh penjuru dunia.

Sepak bola kemudian mulai dikenal oleh Indonesia berkat bangsa Cina yang telah membawa dan memperkenalkannya kepada rakyat Indonesia. Lalu tercatat pada tahun 1915, Indonesia sudah memiliki klub bola yang didirikan oleh rakyat Tionghoa. Di tahun 1920, Indonesia mulai muncul klub seperti UMS Jakarta dan Surabaya yang menjadi klub terhebat dalam persepakbolaan di Indonesia. Hingga akhirnya pada tahun 1930, didirikanlah asosiasi sepakbola seluruh Indonesia di Jogjakarta. Kemudian siapa sangka, bahwa di masa itu Indonesia sudah turut berpartisipasi dalam liga olahraga sepak bola dunia di tahun 1938 di Perancis. Sosok yang paling berjasa di dunia persepakbolaan Indonesia adalah Soeratin Sosrosoegondo. Ia memiliki cita-cita yang agung yaitu mewujudkan sumpah pemuda dengan menyatukan pemuda-pemuda di Indonesia dengan permainan sepak bola. Dari sinilah kemudian banyak bermunculan klub-klub bola di daerah-daerah di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *